spesifikasi Layanan & Model Bisnis
TUGAS MEMBUAT ARTIKEL
Kelompok 5:
1. Haqqi Ilham Maula
2. Luthfiyah Afra Mawardi
3. Sugiarto Valentino subandono
4. Verdyan Rachmad Wirathama
SPESIFIKASI LAYANAN DAN MODEL BISNIS
Pada saat ini suatu perusahaan mulai banyak yang membutuhkan TI sebagai penyedia layanan. Meningkatkan tingkat kualitas layanan akan membuat layanan TI dapat dikelola secara efektif. Lalu bagaimana caranya kita bisa meningkatkan kualitas layanan? Dibutuhkan yang namanya model bisnis sehingga suatu bisnis tidak akan berjalan tanpa arah. Suatu model bisnis menggambarkan pemikiran tentang bagaimana sebuah organisasi menciptakan, memberikan, dan menangkap nilai-nilai. Baik itu ekonomi, sosial, ataupun bentuk-bentuk nilai lainnya.
suatu model bisnis biasanya menyesuaikan dengan apa yang cocok bagi suatu peruahaan. Model bisnis ini ada 2, yaitu model bisnis lama dan baru. Model bisnis lama cenderung fokus kedalam industri saja. Sedangkan model bisnis baru tidak memerlukan banyak model besar karen situs penyedia informasi sudah cukup banyak.
Tipologi model e-bisnis menurut Tapscott Et,Al (2000) adalah sebagai berikut :
1. Agora adalah suatu bussines yang merupakan suatu tempat dimana pembeli dan penjual bertemu untuk melakukan transaksi. Contoh E-bay com.
2. Aggregasi (aggregation) adalah E-bussines yang menggabungkan aggregasi beberapa pemasok ke dalam suatu buah toko online yang nyaman. Contoh : amaton.com
3. Aliansi (alliance) adalah kerjasama beberapa anggota untuk mencapai tujuan tertentu.
4. Rantai Nilai Distribusi (value chain) adalah jaringan integrasi vertikal yang menambah nilai ke input berikutnya.
5. Jaringan Distribusi (distributive network) menyediakan jasa mengalokasikan dan menditribusikan daripada memproduksi dan membeli barang-barang, jasa, dan informasi Contohnya UPS.
Lalu apa yang dimaksud dengan nilai? Untuk dapat menyediakan kebutuhan pelanggan perusahaan tidak hanya harus menyediakan produk atau jasa, tetapi juga nilai-nilai berupa sebuah layanan dan informasi yang disediakan di produk dan jasanya.
Tren ke depan yang akan mempengaruhi e-business
1. Tren pelanggan
- Pelayanan lebih cepat
- Sewa pelayanan
- Pilihan produk yang lebih banyak
- Menuntut solusi yang terintegrasi
2. Tren E-service
- Integrasi penjualan dan pelayanan
- Dukungan tidak terbatas
- Pemenuhan ordeer yang luwes dan pengiriman jasa yang nyaman
- Meningkatkan transparansi proses, sehingga pelanggan dapat melacar ordernya
3. Tren organisasi
- Outscoring
- Kontak untuk proses produksi
- Distribusi maya
- Memperkerjakan yang terbaik dan terpintar
- Menjaga karyawan-karyawan berbakat
- Aplikasi-aplikasi perusahaan yang terintegrasi
- Integrasi banyak kanal-kanal
- Aplikasi-aplikasi jaringan nirkabel
- Infrastruktur yang menyati
- Penyedia-penyedia jasa aplikasi
Komentar
Posting Komentar